Tweet Tweet

blog links

Senin, 23 Mei 2016

CANDI TERPENDAM CANDI KAJANGKOSO

Situs Terpendam Candi Kajangkoso, Lebih Besar dari Borobudur?

Situs terpendam Candi Kajangkoso disebut lebih besar dari Candi Borobudur (Liputan6.com / Edhie Prayitno Ige)Candi Kajangkoso diyakini lebih besar dari Borobudur
 
Kondisi situs saat ini masih terpendam. Mulai dari terpendam areal persawahan, irigasi, bangunan rumah, bahkan juga jalan raya. Struktur batu yang tertata itu tidak seluruhnya bisa dilihat.

Yang terlihat di situs ini hanya sebuah padu sudut candi, yang berada di sebuah irigasi, yang jika air dari puncak cukup deras, batu candi ini akan sangat sulit terlihat oleh mata.

Sesungguhnya penemuan situs ini sempat dilaporkan ke yang berwenang. Kemudian dari hasil pantauan awal disimpulkan bahwa kemungkinan struktur batu yg berada di saluran irigasi tersebut diperkirakan adalah sudut candi.

"Dulu pernah juga ditemukan arca sapi," kata seorang ibu warga Kajangkoso.
Keberadaan Candi Kajangkoso memang mempertegas adanya peradaban purba yang terkubur erupsi Gunung Merapi. Seperti disebutkan arkeolog Djoko Dwiyanto, bahwa di sekeliling Gunung Merapi dan Merbabu memang bertebaran peninggalan-peninggalan masa lalu.

"Jumlahnya memang banyak. Kalaupun sekarang banyak yang terkubur, itu karena erupsi Gunung Merapi," kata Djoko Dwianto.

Ada juga analisis yang menyebutkan bahwa Kecamatan Dukun sejatinya adalah pusat peradaban purba sebelum Borobudur yang dibangun pada abad ketujuh. Analisis itu menempatkan Candi Kajangkoso sebagai pusat seperti Borobudur, dengan candi-candi lain seperti Candi Asu, Candi Jago, dan Candi Pendem berfungsi sebagai penyangga. Seperti fungsi Candi Pawon dan Candi Mendut di Borobudur.

Sejauh ini candi tersebut memang belum bisa dipastikan tergolong Candi Hindu atau Budha. Namun petunjuk awal ditemukannya arca Nandi menunjukkan bahwa candi ini adalah candi Hindu.

Peminat sejarah dan peradaban purba asal Muntilan, Agus Sutijanto, menyebutkan bahwa ada juga kemungkinan bahwa Candi Kajangkoso ini mungkin memiliki lay out seperti Candi Prambanan.

"Jika itu candi Hindhu, bisa jadi seperti Prambanan. Setelah terkubur seperti Kota Pompei, baru dipindahkan ke Prambanan," kata Agus.

Jadi, benarkah Candi Kajangkoso lebih besar dari Borobudur?

Jasa Transportasi Wisata SEWA ELF
Tlp. 081212092612 / 087876199911

1 komentar:
Write komentar
  1. wah informasi yang bagus tapi ada tempat wisata di batu dan malang memang cukup banyak, tak hanya itu semua tempat wisata yang dikunjungi contohnya rekomendasi di <a href="http://www.pariwisataalam.com > pariwisataalam.com </a>

    BalasHapus

Selamat datang kembali
Bersama kami Tour and Travel - Sewa ELF
TravelPariwisata.com !